Kamis, 16 Juni 2011

contoh proposal usaha donat



Proposal Usaha
Perusahaan pabrikMartabak


CV. Jaya Sentosa®




(June/2011)


Kata Pengantar

                Segala puji dan syukur kami ucapkan kepada kehadirat Allah swt yang telah memberikan kesempatan dan kemudahan kepada kami dalam menyusun proposal usaha ini. Tak lupa shalawat serta salam kami panjatkan kepada Nabi Muhammad saw, kepada keluarganya, shohabatnya, dan mudah-mudahan kita termasuk ke dalam umatnya. Aamiin.
            Dalam proposal usaha ini kami berusaha untuk menguraikan segala aspek utama dan pendukungnya dalam pendirian usaha pabrik martabak. Mulai dari aspek produk, pemasaran, sampai perencanaan permodalan. Tak banyak memang, tetapi mudah-mudahan bermanfaat bagi wirausaha khususnya dan umumnya bagi seluruh yang membacanya.
            Kami merasa masih banyak kekurangan dari penyusunan proposal ini. Karenanya kami mohon maaf atas segala kesalahan dalam proposal ini. Kesempurnaan hanya milik Allah swt.
Terima kasih. Mudah-mudahan menjadi inspirasi.

Bandung, 6 Juni 2011
Penyusun,



          







Daftar Isi

Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………….           2
Daftar Isi………………………………………………………………………………………………………………..            3
1.Bagian I Pendahuluan
1.1Nama dan Alamat Perusahaan……………………………………………………………………..           4
1.2Nama dan Alamat Pemilik…………………………………………………………………..………..           4
1.3Ruang Lingkup Usaha……………………………………………………………………………..…….           4
1.4Latar Belakang Usaha……………………………………………………………………………………           4
2.Bagian II Rencana Produk
2.1Produk yang Dihasilkan………………………………………………………………………………..           5
2.2Proses Produksi……………………………………………………………………………………………            5
3.Bagian III Rencana Pemasaran
3.1Penetapan Harga…………………………………………………………………………………………            6
3.2Promosi yang Akan Dilakukan……………………………………………………………………..            6
3.3Pengembangan Produk……………………………………………………………………………….            6
4.Bagian IV Aspek Pabrik……………………………………………………………………………………….            7
4.1Keadaan Pabrik dan lokasi………………………………………………………………………….. 7
4.2Aspek Mesin-Mesin Produksi……………………………………………………………………….            7
4.3Sumber-Sumber Bahan Baku……………………………………………………………………….            7
5. Bagian V Struktur Organisasi………………………………………………………………………..……            7
6.Bagian VI Risiko Usaha
6.1Evaluasi Kelemahan Produk……………………………………………………………………….. 8
6.2Faktor Persaingan………………………………………………………………………………………. 8
7.Bagian VII Rencana Permodalan
7.1Neraca Permulaan Perusahaan…………………………………………………………………...            9
7.2Omzet dan Analisa Titik Impas……………………………………………………………………..            10
2.3Sumber-Sumber Permodalan……………………………………………………………………….           10
8.Bagian VIII Penutup…………………………………………………………………………………………….            10
9.Bagian IX Apendix……………………………………………………………………………………………….            10






1.      Bagian I Pendahuluan

1.1.   Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan :
CV. Jaya Sentosa ®

Alamat Perusahaan:
Komp. Cipadung Blok. VIII No 18

1.2.   Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik :
Bojes Turner
Alamat Pemilik :
Komp.Panyileukan F7 NO 12 40163

1.3.   Ruang Lingkup Usaha
CV . ini bergerak dalam bidang makanan , berupa Martabak

1.4.   Latar Belakang Usaha
Berawal dari kegemaran masa kecil wirausaha kepada makanan terutama martabak, memancing wirausaha untuk mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang martabak.
Ada banyak sekali jenis martabak yang dapat kita jumpai saat ini. Dari yang terjangkau oleh anak-anak sampai martabak sekelas orang-orang tertinggi. Tentunya kualitas rasanya sebanding dengan harganya. Bagi sebagian orang, mungkin jarang bahkan tidak pernah mencicipi bagaimana rasanya martabak sekelas orang berdasi. Maka dari itu, wirausaha ingin membuat aneka martabak yang rasanya sekelas dengan orang berdasi tetapi dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat umum.








2.      Bagian II Rencana Produk
2.1.   Produk yang Dihasilkan
Adapun produk yang akan dihasilkan oleh usaha ini adalah :
·         Martabak keju coklat
·         Martabak susu nanas
·         Martabak keju
·         Martabak coklat susu
·         Martabak pisang coklat

2.2.   Proses Produksi
Proses produksi dapat didiagramkan sebagai berikut:

                                                            

Pemasaran
Bahan Baku
Produksi
Pengemasan
QC
 






Keterangan :
                        Dari bahan baku kemudian diproduksi menjadi martabak  , kemudian dipilah barang yang bagus lalu dikemas kedalam kardus yang kapasitasnya satu lusin ( 12 buah ) , dan langsung dijual ke konsumen secara langsung .
                                                            
3.      Bagian III Rencana Pemasaran
3.1.   Penetapan Harga
Harga yang ditetapkan diusahakan lebih rendah daripada pasaran harga martabak  yang sekelas , untuk menarik konsumen.
Harga konsumen pasaran donat yang sekelas yaitu bervariasi ( Rp. 20000) tetapi untuk martabak ini kami menetapkan martabak yang lebih murah yaitu pada Rp. 11000,- .

3.2.   Pelaksanaan distribusi
Karena  usaha  yang kami jalankan adalah industri makanan sehingga tidak memerlukan distributor yang banyak. Oleh karena itu kami menggunakan sistim distributor langsung, dimana konsumen akhir menerima produk dari produsen langsung .

3.3.   Promosi yang Akan Dilakukan
Promosi yang dilakukan tidak akan melalui media elektronik. Paling tidak, kami membubuhkan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi, jika kalau ada yang hendak memesan langsung dari kami.


3.4.   Pengembangan Produk
Sebagai awalan, kami hanya membuat martabak beraneka rasa untuk selanjutnya kami akan mengembangkan dengan  martabak super yang sebanding dengan 2 martabak ukuran biasa dengan bermacam – macam rasa pula .














4.     Bagian IV Aspek Pabrik
3.5.   Keadaan Pabrik dan lokasi
Untuk lokasi yang digunakan sebagai usaha, kami masih menggunakan rumah tinggal sendiri dan pinggir jalan karena masih tergolong usaha kecil menengah sehingga belum memerlukan tempat yang besar .

3.6.   Aspek Mesin-mesin produksi
           Untuk mesin produksi, kami hanya menggunakan alat – alat sederhana sehingga kami sudah memiliki sebelumnya .

3.7.   Sumber-sumber bahan baku
Bahan baku berupa terigu, telur dan lainnya kami dapatkan di pasar – pasar terdekat , karena dirasa lebih murah di sebanding dengan supermarket dan tempat – tempat lainnya .


5.      Bagian V Struktur Organisasi
Mengingat bahwa kami baru memulai usaha, sehingga struktur organisasi kami masih sederhana. Struktur organisasi ini akan kami kembangkan sesuai dengan bertambahnya kuantitas karyawan.





Wirausaha
Karyawan
Karyawan
Karyawan
 











6.      Bagian VI Risiko Usaha
a.      Evaluasi Kelemahan Produk
Karena produk kami tidak memakai pengawet atau bahan kimia apapun sehingga produk martabak  kami  hanya bisa bertahan selama 4 hari saja , hal ini menyebabkan kami tidak bisa membuat produk yang banyak sekaligus sehingga kami langsung membuat jika ada yang memesan produk kami .


b.      Faktor Persaingan
Usaha martabak   saat ini sudah cukup banyak. Sebagian besar diantaranya sudah merupakan usaha yang besar. Melihat usaha kami masih berupa usaha kecil, maka kami belum bisa untuk menyaingi perusahaan-perusahaan tersebut. Oleh karenanya, bisa jadi seluruh pasar sudah dikuasai oleh mereka. Tetapi, kami berusaha menembus pasar, bukan untuk menyaingi mereka, tetapi membawa tujuan dasar, yaitu membuat semua orang agar bisa mencicipi martabak yang berkelas dengan harga yang terjangkau .



7.      Bagian VI Rencana Permodalan
     Product (produk)
8.    Produk yang dijual adalah “Martabak Manis” yang merupakan makanan selingan
9.    sehari-hari
10.  
11. Price (harga)
12. Harga perporsi Rp.12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relative murah.
13. Promotion (promosi)                                                                                                                      Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
14.  
15. Place (tempat)
16. Tempat yang dipilih yaitu di Giant Kalibata, Jl Kalibata lantai II (dua) karena
17. letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
18.  
19. VII. ASPEK KEUANGAN
20. Aspek Modal
21.  - Bahan Baku :
22. 1. Terigu 2 Kg                                      :  Rp. 14.000
23. 2. Telur 1 Kg                               :  Rp. 12.000
24. 3. Gula pasir 1 Kg                       :  Rp. 10.000
25. 4. Air                                          :  Rp. -
26. 5.Garam                                     :  Rp. 2.000
27. 6. Soda kue                                :  Rp. 3.000
28. 7. Blue band                                :  Rp. 5.000 ewarna kuning                          :  Rp. 3.500
 Fermipan (pengembang soda)          :  Rp. 3.500                                                      Rp.                                                                          53.000

-Bahan Taburan :
Kacang tanah ½ Kg                          :  Rp. 5.000
 Meises                                 :  Rp. 5.000
Keju                                                :  Rp. 11.000
 Susu kental manis                           :  Rp. 7.000
 Wijen                                          :  Rp. 5.000 +
                               Rp. 33.000
-Bahan Baku Tambahan : 
1. Kardus                                     :  Rp. 5.000
 Piring plastic                               :  Rp. 8.000
. Garpu                                        :  Rp. 7.000
. Pisau                               :  Rp. 5.000 +
                                                        Rp. 25.000
- Modal
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut
Rp. 53.000 + Rp. 33.000 + Rp. 25.000 + Rp. 500
= Rp.111.500

a.      Omzet dan analisa titik impas
Dengan 100 kg terigu kita bisa mendapatkan kurang lebih 4000 buah donat , dengan harga jual perbuahnya Rp. 2000 , maka omzet per-bulannya adalah:
4000 buah x Rp2.000 = Rp8.000.000,-
            Maka Penghasilan bersih perbulan adalah:
Pemasukan – Pengeluaran
Rp8.000.000 – Rp 6.023.000 = Rp1.977.000,-
Sehingga titik impas terjadi pada :
Rp 6.023.000 / Rp1.977.000 = ±4 Bulan

b.      Sumber permodalan
Sumber modal kami dapat dari hasil pinjaman bank.


29.  Bagian VII Penutup
Demikianlah Proposal yang kami susun, mohon maaf bila masih banyak kekurangan dalam hal penyusunan proposal ini. Atas Perhatian dan Kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

30.  Bagian VIII Apendix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar